RAMADHAN TAHUN INI SAYA AKAN

2024-01-26 21:49:40      Admin

Ramadhan adalah waktu yang paling tepat untuk meningkat kualitas diri, menjadi lebih baik dan lebih bertaqwa. dan memang itulah tujuan Allah subhanahu wa ta'ala mensyariatkan puasa Ramadhan.


Allah subhanahu wa ta’ala berfirman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

(QS Al-Baqarah 183)


Maka kita harus punya planning atau perencanaan yang jelas untuk merealisasikan hal itu.
Apa saja target yang ingin dicapai di bulan Ramadhan tahun ini. sehingga Ramadhan ini menjadi Ramadhan terbaik yang pernah kita jalani.

Bikin to do list bulan Ramadhan.

Di bulan Ramadhan tahun ini saya akan

1. Membaca alquran minimal satu juz satu hari.

Khatam minimal sekali di bulan istimewa ini.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. (QS Al Baqarah : 185)

Bulan Ramadhan adalah syahrul qur’an atau bulan alquran, di mana alquran diturunkan dan para ulama juga orang-orang shalih berlomba-lomba memperbanyak membaca alquran. Ada yang tiga piuluh kali selama sebulan seperti Ustman bin Affan, ada juga yang enam puluh kali seperti Imam syafii dll.

2. Shalat tepat waktu.

Shalat merupakan refleksi kualitas hidup seseorang, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ


Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. (HR Tirmidzi)

Maka mulai untuk menjadikan shalat lebih berkualitas. Agar saat dihisab kelak, akan mudah menghadapinya.

3. Tidak berbuka puasa dengan makanan yang banyak seperti balas dendam.
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوٓا


“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” 
(QS. Al-A’raf: 31)

Salah satu tujuan puasa adalah agar kita bisa berempati kepada orang-orang yang kurang mampu, nerasakan bagaimana mereka tidak punya makanan dan tidak bisa makan.
bukan hanya sekedar memindahkan jadwal makan.

4. Memperbanyak doa untuk kebaikan dunia dan akhirat. waktu puasa maupun buka juga waktu-waktu lain di bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat mustajab, sayang kalau sampai terlewatkan.


ﺛَﻼَﺛَﺔٌ ﻻَ ﺗُﺮَﺩُّ ﺩَﻋْﻮَﺗُﻬُﻢُ ﺍﻹِﻣَﺎﻡُ ﺍﻟْﻌَﺎﺩِﻝُ ﻭَﺍﻟﺼَّﺎﺋِﻢُ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻔْﻄِﺮَ ﻭَﺩَﻋْﻮَﺓُ ﺍﻟْﻤَﻈْﻠُﻮﻡِ ‏


“Ada tiga do’a yang tidak tertolak: (1) doa pemimpin yang adil, (2) doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) doa orang yang terzhalimi.”
(HR Tirmidzi)

5. Memberi buka puasa sebanyak yang saya bisa.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

 

“Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746)

Untuk mengcopy paste pahala ahli ibadah, dengan modal yang sangat kecil. Cukup dengan memberi buka puasa kepada mereka.
Hanya dengan dua puluh lima ribu perporsi. betapa ini kesempatan istimewa yang sayang kalau tidak kita ambil...


Boleh ditambah dzikir pagi dan petang, shalat dhuha dll.

Sesuai kemampuan kita..


Semoga Allah sampaikan kita di bulan Ramadhan dan diberikan hidayah serta pertolongan untuk maksimal beribadah di dalamnya.

Aamiin ya Rabbal "alamiin...

 


Recomendation for you

Mengubah Misi Hidup Dari Main main Menjadi Serius

12-Des-2012      Admin
Ada sebuah kisah yang menggugah jiwa. Dari seorang ahli ibadah terkenal bernama Ibrahim bin Adham. Beliau termasuk keturunan orang

Taat Saat Ringan & Berat

12-Des-2012      Admin
Malam di perang Ahzab itu sangat mencekam; gelap gulita, udara yang sangat dingin menusuk tulang, kelaparan mendera dan adanya

Program Utama

Video

Facebook

COPYRIGHT © 2014 FOSA INDONESIA